Jumat, 26 April 2024
  • (0473) 21001
  • litbang.lutra@gmail.com

Audience PT. Rekadaya Multi Adiprima, Investor Pengolah Limbah Kelapa Sawit dengan Bupati Luwu Utara

Audience PT. Rekadaya Multi Adiprima, Investor Pengolah Limbah Kelapa Sawit dengan Bupati Luwu Utara Audience PT. Rekadaya Multi Adiprima dengan Bupati Luwu Utara, selasa 6/11 2018

Balitbangda.luwuutarakab.go.id, Jakarta – Audience PT. Rekadaya Multi Adiprima dengan Bupati Luwu Utara dilakukan disela-sela kunjungan kerja Ibu Indah sapaan akrab Bupati setelah menjadi narasumber pada acara Seminar Nasional Kedaulatan Pangan yang dilaksanakan oleh KRKP (Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan) pada selasa 6 Nopember 2018 di  hotel Swiss Bell Residence jalan Raya Kalibata No. 22 Rajawali Pancoran Jakarta Timur.  

Pertemuan ini membahas minat investasi PT. Rekadaya Multi Adiprima di Kabupaten Luwu Utara dalam hal pengolahan limbah industri perkebunan yang salah satunya adalah limbah kelapa sawit.

Farri Aditya Direktur  PT. Rekadaya Multi Adiprima dalam presentasinya memaparkan profil perusahaan, ia mengatakan bahwa perusahaaannya bergerak dalam pengolahan limbah industri Perkebunan, limbah tekstil dan limbah plastik, seperti serabut kelapa, sisa potongan kain dan Botol Plastik Minuman yang diolah menjadi  berbagai produk antara lain bahan pembuatan spring bed, furniture, vertikal garden pada gedung bertingkat bahkan serat kelapa menjadi bahan baku spare part kendaraan seperti moult, bak kendaraan truck atau double cabin Mercedes Benz dan bagian interior seperti carpet dashboard berbagai merek kendaraan.   

Selain itu Farri juga mengungkapkan bahwa perusahaan yang dipimpinnya telah melakukan kerja sama dengan berberapa kementerian, pemerintah daerah hingga pemerintah desa untuk mengolah limbah serabut kelapa, limbah tekstil dan limbah plastik yang diolah menjadi produk bernilai ekonomi tinggi. “Apabila pemerintah Kabupaten Luwu Utara bersedia bekerja sama maka proses pembangunan industri akan kita percepat” ungkapnya.

Sementara itu Indah Putri Bupati Luwu Utara merespon positif rencana kerja sama ini mengingat kabupaten Luwu Utara adalah salah satu kabupaten dengan potensi limbah industri perkebunan yang sangat besar, “pertemuan ini akan kita tindak lanjuti, saya akan meminta dinas teknis dan SKPD terkait untuk mengkaji langkah selanjutnya termasuk penandatanganan MoU”.

Kegiatan audiensi dan persentasi ini dilaksanakan untuk memenuhi permohonan PT. Rekadaya Multi Adiprima melalui surat  nomor 019/RMA/EKS/IX/18 tanggal 19 September 2018 hal surat permohonan audiensi.

Turut hadir dalam audiensi ini dari pihak Pemerintah Kabupaten Luwu Utara yaitu Bapak Ir. Armiadi, M.Si. (Kepala Dinas Ketahan Pangan), Bapak Awaluddin Andi Paso, S.IP (Kepala Bidang Kajian Inovasi dan Teknologi, Balitbangda) dan dari LSM pendamping pangan dan Desa di Kab. Luwu Utara yaitu Ir. Sahaka dan Ir. Amar (AAP/BSR).